GlobalTangsel.Com : Periksa Hewan Kurban, Pemkot Tangsel Kerahkan 28 Dokter Hewan

GLOBALTANGSEL.com -- Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengerahkan 28 dokter hewan untuk mengawasi dan memeriksa hewan-hewan kurban yang dijual di wilayah Kota 

Tangsel

.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota

Tangsel

, Mursan Sobari mengatakan, para dokter hewan itu akan diberi tugas untuk memeriksa hewan kurban di 7 Kecamatan yang ada di Kota 

Tangsel

, Kecamatan Ciputat, Ciputat Timur, Pondok Aren, Pamulang, Serpong, Serpong Utara dan Setu.

"28 dokter hewan sudah disiapkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban, tiga hari sebelum Lebaran Idul Adha mereka sudah mulai bekerja," ucapnya, Senin (31/10/2011).

Nantinya setiap kecamatan akan ada empat dokter hewan yang melakukan pemeriksaan hewan kurban tiga hari menjelang perayaan Idul Adha, Minggu (6/11/2011).

Pemeriksaan hewan kurban dilakukan dengan mengambil darah dan air liur hewan di tempat-tempat penjualan hewan kurban.

Mursan menambahakan, jika dalam pemeriksaan tersebut petugas menemukan hewan yang terjangkit penyakit seperti antraks dan lainnya, maka penjual dilarang untuk menjual hewan tersebut dan akan dipisahkan agar tidak menular ke hewan lainnya.

"Jika ditemukan ada hewan yang sakit, maka langsung dipisahkan dari hewan lainnya agar tidak menular, petugas juga akan melarang para pedagang menjual hewan kurban yang sakit" tambahnya.(Oz/Gt)